Kenapa pada Bekas Jerawat mudah Terjadi Pigmentasi?

Biasanya pada bekas jerawat akan mudah berubah warna menjadi kehitaman bila sedikit terpapar sinar matahari. Gejala pigmentasi ini sering membuat flek hitam di kulit wajah dan mengurangi keindahan pada kulit wajah. Banyak yang tidak menyadari dan baru tahu saat bekas jerawat menjadi bintik atau flek hitam.

Memang akan merusak kecantikan wajah apapun bentuknya, apalagi dengan bekas jerawat yang cukup banyak. Ada beberapa yang mencoba mengobatinya dengan beberapa produk kosmetika, namun lebih banyak yang mengalami iritasi dan pigmentasi lebih dalam. Ini disebabkan kulit bekas jerawat memang termasuk kulit muda yang gampang iritasi dan berubah warna bila terpapar sinar matahari.

Justru lebih baik mencegah agar tidak terjadi pigmentasi lebih dalam daripada harus mengobatinya. Disini diperlukan semacam sunscreen atau tabir surya untuk memproteksi kulit bekas jerawat dari paparan sinar matahari. Memang kalau sekedar produk kosmetika tidak cukup, karena memang selama paparan sinar matahari mengenai kulit bekas jerawat maka proses pigmentasi akan tetap terjadi.

Pada beberapa kasus harus jelis juga dalam menggunakan tabir surya, baik dari jenisnya maupun saat pemakaiannya. Jenis tabir surya jelasnya harus dari bahan non oil, alami dan tidak bikin iritasi pada kulit bekas jerawat. Malah lebih baik bila menggunakan bahan-bahan alami sebagai tabir surya.

Trus saat pemakaiannya juga harus cukup lama buat tabir surya meresap dan melindungi kulit bekas jerawat. Memang ada proses yang harus ditunggu, jadi tidak langsung tabir surya dioleskan dan langsung bisa keluar menghadapi sinar matahari. Bisa juga sih dengan kombinasi payung atau semacam penutup wajah selama menghadapi sinar matahari.

Namun tidak ada jaminan bahwa dengan menggunakan tabir surya akan mencegah pigmentasi pada kulit bekas jerawat. Hanya memang flek kehitaman pada bekas jerawat tidak akan terlalu dalam bila memakai tabir surya. Jauh lebih melindungi daripada tanpa penggunaan tabir surya sama sekali.

Disini perlu diketahui bahwa pada kulit bekas jerawat memang akan mengalami masa adaptasi dengan paparan sekitar. Hanya tugas yang terpenting melindungi dari paparan yang bisa merusak kulit bekas jerawat. Juga hati-hati pula dalam menggunakan produk kosmetika pada kulit bekas jerawat.

Soalnya pada beberapa kasus ternyata pigmentasi terjadi lebih besar dari pemakaian produk kosmetika daripada paparan sinar matahari. Hal ini produk kosmetika tersebut memang cukup banyak kandungan kimia, sehingga dengan mudah membuat iritasi pada kulit bekas jerawat. Maka disini perlu kehati-hatian dalam memilah produk kosmetika yang akan digunakan sehabis berjerawat.

Lebih baik sih dalam masa adaptasi pada kulit bekas jerawat untuk menghindari produk kosmetika yang tidak tercantum komposisinya atau isinya diragukan. Justru lebih afdol menggunakan bahan alami, seperti dari buah-buahan yang lebih lembut pada kulit wajah. Namun perhatikan juga jangan yang terlalu asam seperti jeruk nipis karena akan sedikit membakar kulit bekas jerawat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->