Jerawat Besar, Pencet atau Biarkan?

Siapapun mungkin pernah mengalami jerawat yang besar di kulit wajah, biasanya akan sangat nyeri dan lama sembuhnya. Banyak mencoba untuk memencetnya, namun sulit untuk meletus. Memang pada jerawat yang membesar di bawah kulit akan sulit untuk dipencet dan biasanya akan butuh waktu lama untuk mereda.

Namun pada jerawat jenis begini semakin dipencet akan semakin membesar, sehingga seperti sebuah benjolan permukaan wajah. Hal ini bisa terjadi karena buntunya saluran kelenjar minyak sehingga terkumpul di bawah permukaan kulit. Apalagi semakin dipikirkan atau stress akan bikin jerawat semakin membesar.

Memang tidak semua jerawat bisa dipencet, meskipun dengan dipencet akan lebih cepat proses kesembuhannya. Namun selama tidak ada jalan bagi jerawat untuk keluar akan sulit untuk dipencet. Meskipun dimungkinkan dengan menggunakan alat exsudasi untuk mengeluarkan jerawat, namun harus dilakukan dengan cara steril.

Bila ingin mengatasi jerawat ini sendiri, maka lebih baik dilakukan dengan tepat. Prosesnya memang bertahap, namun akan membuat jerawat mereda dan tidak membesar. Memang perlu perawatan yang tepat dan bukan asal pencet, tidak semua jerawat bisa dipencet, sebagian hanya memerlukan perawatan yang rutin dan tepat.

Kompres hangat secara rutin

Jerawat yang bentuknya besar dan berada di bawah kulit memang harus dikompres dengan kain hangat atau kompres hangat-hangat kuku. Ini akan meredakan proses peradangan dan melancarkan sirkulasi di permukaan kulit. Biasanya dengan kompres hangat selama 15 menit akan membuat jerawat agak mereda.

Lakukan ini secara rutin pagi dan sore atau kalau ada waktu luang, ini akan semakin meredakan benjolan yang terbentuk. Namun jangan tekan benjolan jerawat ini karena akan menyebarkan jerawat dan merusak saluran minyak di bawah kulit. Lebih lakukan kompres secara perlahan dan hati-hati.

Kurangi asupan makanan berlemak, berminyak dan bergula

Jerawat yang bentuknya besar memang sering berhubungan dengan asupan makanan yang kurang sehat. Biasanya makanan berminyak dan berlemak akan membuat kelenjar minyak menjadi lebih pekat dan bisa membuntu saluran kelenjar minyak. Ini harus dihindari dengan mengurangi asupan makanan yang kaya lemak, tinggi gula yang biasanya sangat enak dan digemari.

Namun saat jerawat melanda segala jenis makanan ini harus dikurangi. Tidak hanya itu ganti dengan makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran harus diperbanyak. Jenis diet seperti ini akan semakin menyehatkan kulit dan membuat jerawat jenis ini tidak akan berulang.

Lakukan perawatan kulit muka secara teratur

Hal yang sering dilupakan adalah tidur tanpa cuci muka dulu, biasanya saking capeknya bekerja atau pulang dari suatu acara sehingga melupakan membersihkan muka. Padahal ini biasanya awal dari timbulnya jerawat. Setidaknya bersihkan wajah dengan sabun yang lunak seperti sabun bayi lalu bilas dengan air bersih.

Bisa juga dengan memberikan masker wajah, biasanya akan semakin melembabkan kulit dan menjaga pori-pori tetap terbuka. Bila ini dilakukan teratur dan rutin akan menghidarkan jerawat mampir ke kulit wajah. Memang butuh kesabaran pada jerawat jenis ini biasanya tidak mudah hilang dalam sekejab. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->