Cara Memecahkan Jerawat Bernanah

Memang bila jerawat sudah terlihat matanya yang keputih-putihan, maka bisa dilakukan pemencetan. Tentunya dengan cara yang steril, ini untuk menghindari infeksi pada bekas jerawat nantinya. Juga pastikan bekas jerawat tertutup sempurna agar tidak ada kuman atau bakteri yang masuk ke dalam bekas jerawat. Bila ini terjadi bisa menimbulkan jerawat dan infeksi yang bisa berkepanjangan.

Pada jerawat yang bernanah memang sudah cukup matang untuk dipecahkan. Meskipun bisa saja dibiarkan akan hilang dengan sendirinya, namun untuk menunggu mekanisme tubuh menyerap bekas jerawat akan butuh waktu yang lama. Lagian semua orang tidak akan sabar dengan adanya jerawat di kulit wajah. Semakin cepat jerawat menghilang akan semakin baik.

Namun saat memecahkan jerawat harus dilakukan dengan hati-hati dan teknik yang steril. Ini untuk mencegah terjadinya infeksi dan scar bekas jerawat yang akan membekas nantinya. Namun bila dilakukan dengan tepat tidak akan menimbulkan bekas jerawat, tentunya bila bekas jerawat menutup dengan baik. Seperti kebanyakan luka bila menutup dengan sempurna tidak akan menimbulkan scar atau bekas.

Meskipun scar atau keloid pada kulit bisa saja terjadi akibat mekanisme kulit. Memang akan bergantung pada reaksi kulit terhadap penyembuhan jaringan kulit, satu orang bisa berbeda dengan yang lain tergantung karakter kulit. Jadi ini bisa melihat pengalaman sebelumnya bila bekas jerawat bisa sembuh sempurna tanpa meninggalkan bekas, maka memecahkan jerawat tentunya tidak akan menimbulkan masalah.

Gunakan teknik steril untuk memecahkan jerawat bernanah

Memang bila ingin memencet jerawat bernanah hars dilakukan dengan cara steril. Tentunya dengan peralatan yang steril dan cara yang steril, yang jelas jangan sekalipun tangan ini menyentuh jerawat secara langsung. Harus ada alat seperti kasa steril yang akan menyentuh permukaan jerawat. Juga siapkan larutan pembersih wajah sejenis antiseptik yang akan melindungi bekas jerawat dari kuman dan bakteri.

Kasa steril bisa dibeli di apotik, demikian pula bila ingin menggunakan sarung tangan yang steril bisa dibeli di apotik. Kemudian bersihkan area jerawat yang bernanah terlebih dulu dengan larutan antiseptik. Setelah itu dua kasa steril bisa diletakan diantara jerawat bernanah, dan ditekan jerawat tersebut hingga pecah. Kemudian bersihkan lagi bekas jerawat dengan larutan antiseptik, dan tutup dengan kasa sampai luka bekas jerawat benar-benar kering.

Namun bila jerawat bernanah tidak bisa dipecah atau dipencet, biasanya karena posisinya yang masih di bawah kulit. Ini perlu cara tersendiri, tapi bisa dilakukan dengan melakukan kompres dengan air garam hangat di jerawat bernanah tersebut. Ini akan mengeringkan lapisan kulit pada jerawat tersebut, sehingga akan memudahkan untuk memecahkan jerawat bernanah.

Jangan sentuh kulit bekas jerawat

Bila tidak ingin timbul scar pada kulit bekas jerawat, maka biarkan lukanya mongering dan jangan sekali-kali menyentuhnya. Bisa juga digunakan kasa steril untuk sementara menutup luka bekas jerawat. Disini dibutuhkan sekitar 12 jam lebih agar luka bekas jerawat sampai mengering.

Saat memcahkan jerawat bernanah bisa dilakukan malam hari sebelum tidur, sehingga aakan ada tenggang waktu yang cukup panjang untuk luka jerawat menutup dengan baik. Juga selama tidur tubuh akan melakukan penyembuhan luka secara cepat. Ingat tidur adalah waktu untuk memperbaiki kerusakan di dalam tubuh dan mengembalikan kondisi tubuh sehat kembali.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->