Mungkinkah Air Kolam Renang Bikin Wajah Berjerawat?

Sebuah pertanyaan yang mungkin pernah hinggap di pikiran remaja yang suka renang, dan memiliki jerawat yang tak kunjung hilang. Ada kemungkinan hal ini berhubungan, soalnya tidak semua kolam renang memiliki sanitasi yang baik. Bisa saja air kolam terlihat jernih tapi memiliki bahan kimia yang ttak terlihat.

Memang pada kolam renang yang memiliki keterbatasan dalam penyediaan air, biasanya akan menggunakan zat kimia untuk menjernihkan kembali atau agar terlihat lebih lama jernihnya. Ini terutama pada kolam renang umum, dimana rasio pengguna atau pengunjung lebih tinggi dari pememliharaannya. Bisa jadi jerawat akan timbul atau tumbuh dengan kontaminasi dari zat kimia tersebut.

Meskipun sebenarnya harus lebih hiegenis sehabis mandi atau berenang di kolam renang. Apalagi pada kolam renang umum, usahakan selalu membersihkan kembali dengan air bersih. Bila tidak tersedia tempat mandinya, air minum bisa digunakan untuk membersihkan diri sehabis renang. Minimal cuci wajah secara keseluruhan sehabis renang.

Memang renang sering identik dengan mandi, jadi logikanya buat apa membersihkan diri lagi. Apalagi kondisi air di kolam renang cukup jernih, tapi belum tentu bersih dan sehat. Memang syarat sebuah air bersih harus memnuhi unsur jernih, tak berbau, tak berasa, namun tidak untuk kulit wajah.

Untuk kulit wajah yang sensitif, agar tidak berjerawat harus mendapatkan air yang memiliki PH netral. Artinya tidak terlalu asam maupun tidak terlalu basa, ini harus diperhatikan pada kebersihan wajah. Jadi andai tidak tahu kondisi kebersihan atau PH air kolam renang, maka harus selalu membersihkan kulit wajah sehabis renang.

Bila dicurigai air kolam renang tidak ber-PH netral, maka juga dicurigai pula air di kamar mandi atau toiletnya. Jadi ini semacam precaution atau jaga-jaga, dengan membawa sendiri air bersih dan menggunakannya sehabis renang. Ini terutama yang biasa renang dan memiliki masalah dengan jerawatnya yang tak kunjung sembuh atau hilang.

Meskipun sebenarnya olahraga renang sangat baik dalam mengurangi resiko berjerawat, namun ada kemungkinan pula menyebabkan jerawat. Ini bila kondisi air kolamnya tidak sehat, bisa saja terlihat jernih tapi tidak sehat. Pada kolam renang umum biasanya ada pengawasan akan kondisi sanitasinya, namun siapa yang akan mengawasi setiap harinya.

Pennggunaan zat kimia memang menjadi cara yang efektif dalam menjernihkan air kolam renang. Sekaligus sangat berbahaya bagi kulit, terutama kulit wajah. Jadi dalam hal ini harus lebih hati-hati. Meskipun jerawat bisa disebabkan oleh banyak factor, namun dalam hal ini konteknya dengan penggunaan air yang bersih di kulit wajah. Jadi usahakan selalu membersihkan kulit wajah sehabis renang, jangan anggap renang seperti mandi. Tetap harus membersihkan diri terutama kulit wajah sehabis renang dengan air yang bersih dan sehat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->