Mengatasi Jerawat Kemerahan di Pipi

Pada beberapa kasus jerawat sangat mencolok berwarna kemerahan, seperti meradang dan agak terasa nyeri. Ini adalah jerawat yang terinfeksi dan mengiritasi kulit muka. Biasanya perawatan yang salah menyebabkan jerawat semakin memerah atau meradang, apalagi dengan disentuh atau dipencet akan semakin merah mencolok.

Jerawat jenis ini memang tumbuh cepat, asal muasalnya memang hanya kecil ukurannya. Namun karena sering dipegang atau digosok semakin menyebarkan infeksinya, memang akan terasa tidak nyaman dan keinginan untuk memegangnya semakin menggebu. Faktor inilah yang membuat jerawat menjadi tumbuh tak terkendali.

Biasanya bila dilakukan perawatan yang tidak tepat akan menyebar ke seluruh permukaan wajah. Ada beberapa faktor yang membuat jerawat jenis ini semakin subur, mulai perawatan yang salah, kebersihan diri yang kurang dan tentunya persepsi yang salah akan cara mengatasi jerawat jenis ini.

Memang banyak cara untuk mengatasi jerawat, namun pada jerawat dengan tendensi infeksi harus perlu penanganan secara hati-hati. Mulai dari kebersihan diri, penggunaan obat untuk mengatasi infeksi dan tentunya asupan makanan yang bergizi juga harus diperhatikan. Jerawat yang memiliki tendensi infeksi bisa berubah menjadi penyakit kulit yang serius bila tidak diatasi secara tepat.

Menjaga kebersihan diri

Ini tidak saja kebersihan pada kulit muka, juga kebersihan diri harus diperhatikan. Mulai dari cuci tangan sesering mungkin dan usahakan tidak menyentuh jerawat yang lagi subur-suburnya. Biasanya selain menambah infeksi juga bisa menyebarkannya ke tempat lainnya, apalagi disertai memencet jerawat tersebut.

Hal yang harus dilakukan untuk jerawat tipe ini adalah meredakan proses infeksinya atau peradangan pada kulit muka. Bisa dengan menggunakan aplikasi pendingin yang tentunya harus diberikan secara bersih dan aseptic. Jangan gunakan bahan yang kasar atau menekannya secara kasar, karena bisa memecahkan pori-pori yang terinfeksi dan menyebarkan jerawat tersebut ke seluruh permukaan kulit.

Meredakan kemerahan dengan kompres pendingin

Saat proses kemerahan terjadi berarti jerawat sedang tumbuh subur atau sedang dalam proses peradangan. Biasanya dengan kompres dingin pada bagian yang meradang akan menurunkan proses peradangannya. Namun jangan lakukan untuk menekan daerah jerawat tersebut.

Hindari tekanan yang bisa memecahkan pori-pori yang sedang meradang, maka disini pentingnya compress dingin. Bisa juga dengan menggunakan es batu atau lap basah yang halus, usapkan secara perlahan berkali-kali. Biarkan hawa dinginya membuat jerawat tersebut mereda dan berkurang kemerahannya.

Memberikan larutan anti radang

Ada banyak jenis antibiotika yang berubah cairan, ini akan sangat cepat untuk meresap ke dalam pori-pori yang meradang dan meredakan proses infeksi yang terjadi. Memang cukup sulit mendapatkan antibiotika tanpa resep dokter. Meskipun banyak sejenis antibiotika untuk obat tetes mata yang dijual bebas.

Namun pastikan bahwa jenisnya memang untuk infeksi pada mukosa kulit. Biasanya dengan satu atau dua tetes akan meredakan kemerahan pada jerawat tersebut secara cepat. Memang butuh waktu bila proses peradangannya agak lama, namun akan mereda secara cepat bila mendapatkan anti radang yang cocok dengan infeksi jerawat yang sedang terjadi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->