Mengatasi Jerawat pada Kulit Berminyak

Memang agak sedikit ribet merawat kulit berjerawat yang berminyak, karena jerawat akan selalu timbul lagi. Hal ini karena kulit berminyak akan mudah kotor oleh debu, sehingga mudah menutupi pori-pori kulit muka. Walhasil jerawat akan selalu timbul dan susah untuk dihilangkan.

Bila melihat kulit wajah yang tak pernah lepas dari jerawat memang berasal dari kulit yang berminyak. Meskipun ini juga didorong reaksi berantai oleh stress yang menstimulasi hormon sehingga produksi minyak berlebihan di kulit wajah. Produksi minyak sendiri juga membuntu pori-pori dengan mudahnya, akibatnya dibersihkan secara rutinpun akan tetap berjerawat.

Memang harus memutus mata rantai terjadinya produksi minyak berlebihan, bila tidak perawatan kulit wajah tidak akan optimal. Hanya menimbulkan anggapan tidak ada gunanya membersihkan wajah secara rutin. Padahal faktor penyebab jerawat dari dalam ini juga harus diwaspadai, reaksi hormonal ini harus juga diredakan.

Mengelola stress secara sehat

Memang ada reaksi hormonal yang berlebihan saat terjadi stress, produksi homon dan keseimbangannya menjadi tidak terkendali. Disini menstimulasi kelenjar minyak berproduksi berlebihan. Cara efektif menghentikan produksi minyak berlebihan ini dengan mengelola stress secara sehat, coba lebih terbuka dan melihat sudut pandang dari sisi yang lebih luas. Ini akan sedikit meredakan stress sehingga metabolisme hormonal terkendali.

Juga lakukan pola hidup sehat, hindari begadang, dan istirahat secara cukup. Lalu hindari makanan yang berkadar lemak tinggi, jaga asupan makanan dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan. Ini akan mengerem metabolisme lemak yang juga berkonribusi pada produksi kelenjar minyak di kulit muka.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk minum air putih yang banyak. Hal ini bisa menetralisir metabolisme tubuh yang sering tidak seimbang, seperti terlalu alkali sehingga ekses yang dibuang lewat keringat atau pori-pori lebih kotor. Jadi volume air yang cukup bagi tubuh akan menetralkan metabolisme tubuh dan mengurangi ekses di pori-pori menjadi lebih netral.

Merawat kulit wajah secara teratur

Memang pada wajah yang berminyak akan memiliki kecenderungan timbulnya jerawat secara iminen. Jadi harus dilakukan perawatan di kulit wajah secara rutin, membersihkan kulit muka adalah hal rutin. Ini terutama harus dilakukan sebelum tidur, jangan biarkan minyak dan kotoran di wajah bermalam karena hanya akan menimbulkan jerawat keesokan harinya.


Juga berikan masker pada kulit wajah sebelum tidur, ini akan menjaga kelembaban kulit wajah dan menjaga pori-pori wajah tetap terbuka. Masker pada kulit muka ini juga bermanfaat meredakan peradangan pada kulit muka, menekan reaksi timbulnya jerawat dengan cepat. Memang harus dilakukan secara rutin, di saat produksi minyak masih berlebihan, selebihnya bisa membuat kulit menjadi lebih segar dan sehat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->