Cara Menghilangkan Benjolan Jerawat

Mungkin jerawat yang kecil-kecil tak terlalu memusingkan, namun bila timbul gede-gede tentunya sangat meresahkan. Biasanya benjolan jerawat kayak gini tak mudah hilang, bahkan semakin memerah. Semakin membuat pikiran jadi kacau, tidak jarang benjolan jerawat ini diotak-atik biar cepat hilang.

Padahal dengan disentuh, benjolan jerawat biasanya akan semakin menggila. Sudah pasti segala usaha akan dilakukan, mengikuti saran teman, mencoba obat-obatan yang mereka pakai tapi tak kunjung reda. Mungkin stress gara-gara mikir benjolan jerawat membuat jerawat semakin bandel dan sulit dihilangkan.

Memang benjolan jerawat yang mengelembung ini bisa jadi akibat koleksi kelenjar minyak yang menumpuk di pori-pori, Biasanya semakin dipikirkan akan semakin mendorong reaksi hormonal semakin tidak terkontrol. Akibatnya sudah tentu jerawat yang asalnya kecil ini tumbuh menjadi benjolan, tak jarang gara-gara disentuh dan coba dipencet membuat benjolan jerawat menjadi kemerah-merahan, seperti terjadi peradangan.

Bila hal ini terjadi, maka kondisi jerawat menjadi komplek. Perlu langkah strategis dalam mengatasi benjolan jerawat ini. Setidaknya langkah awal meredakan proses peradangan, sebelum menghilangkan benjolan jerawat, karena peradangan pada jerawat bisa membuat jerawat menyebar ke seluruh permukaan wajah. Tentunya hal ini akan semakin membuat jerawat menjadi tidak terkendali.

Meredakan peradangan pada jerawat

Bila benjolan jerawat tampak berwarna kemerahan, maka tela terjadi peradangan. Jadi harus diredakan dulu proses peradangannya. Beberapa kompres hangat bisa dilakukan pada benjolan jerawat ini, namun jangan melakukan tekanan yang terlalu keras yang bisa mengakibatkan jerawat semakin menyebar. Lakukan kompres dengan pelan dan setidaknya sekitar 15 menit, kompres hangat ini bisa berupa “tea bag” dari teh hitam. Unsur alami dari teh hitam akan meredakan radang dengan cepat, juga suhu yang hangat akan melancarkan peredaran darah sehingga benjolan jerawat bisa berkurang terabsorbsi.

Selanjutnya bisa ditetesi dengan larutan antibiotika, biasanya yang punyanya obat tetes mata sangat manjur dalam meredakan peradangan. Ini tentunya bila pori-pori sudah sedikit terbuka, sehingga larutan ini bisa meresap dan meredakan peradangan dengan cepat. Maka disini pentingnya kompres hangat yang juga bisa membuka pori-pori di kulit muka.

Kendalikan stress yang ada

Memang stress atau apapun pikiran yang berat akan membuat reaksi hormonal menjadi tak terkontrol. Akibatnya akan membuat sekresi di kelenjar minyak menjadi berlebihan, dan mengakibatkan terjadi benjolan jerawat. Setidaknya bila stress bisa dikendalikan, maka produksi kelenjar minyak akan berkurang dan dalam taraf wajar.

Beberapa mekanisme stress yang baik adalah dengan olahraga yang rutin, tidur yang cukup. Ini memang harus dilakukan dengan bersamaan, karena keduanya saling mempengaruhi. Bila stress bisa dikendalikan, jerawat akan dengan cepat akan mereda.

Menjaga kebersihan wajah

Ini adalah hal rutin yang harus dilakukan, benjolan jerawat cenderung terjadi pada orang yang tidak menjaga kebersihan kulit wajah. Biasanya bila kotoran di wajah dibiarkan bermalan, maka keesokan harinya sudah tumbuh jerawat. Jadi pastikan sebelum tidur untuk membersihkan kulit wajah.

Beberapa masker wajah bisa dilakukan sebelum tidur, masker wajah sangat ampuh dalam menjaga pori-pori wajah tetap terbuka. Juga masker wajah akan menjaga kelembaban pada kulit wajah. Ini harus rutin dilakukan, maka jerawat tidak akan hinggap pada kulit muka.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->