Apakah Pencet Jerawat bisa Bikin Bekas Jerawat?

Banyak yang tak sabar dalam mengatasi jerawat sehingga pencet sana pencet sini. Padahal memencet jerawat bisa berakibat buruk bagi kulit muka, bisa terjadi infeksi, jerawat menjadi menyebar dan semakin sulit untuk diatasi. Jerawat yang dipencet bisa menimbulkan bekas jerawat, bila tidak dilakukan dengan hati-hati.

Seperti layaknya luka di kulit pasti akan menimbulkan bekas luka, ini bila luka tidak menutup dan memiliki bakat scar pada kulitnya. Namun pada beberapa karakter kulit bisa sembuh tanpa menimbulkan bekas. Ini tentunya dipengaruhi oleh kebersihan dari bekas jerawat, perawatan jerawat, asupan nutrisi dan pemakaian obat jerawat yang non alami.

Kulit terutama kulit muka sangat sensitive dan mudah bereaksi terhadap obat jerawat yang non alami. Apalagi setelah jerawat dipencet, lapisan kulit yang tidak menutup akan begitu mudah meninggalkan bekas jerawat. Ini juga semakin dirusak oleh pemakaian obat non alami yang akan membuat kulit bekas jerawat lebih merana.

Memencet jerawat dengan steril

Memang bila jerawat yang sudah membuka pori-pori kulit, tidak akan berbeda baik dibiarkan maupun dipencet, pasti akan menimbulkan bekas jerawat atau scar. Jadi memencetpun bisa dilakukan dan biasanya cepat keluar cepat sembuh. Hanya memang harus dilakukan secara steril. Caranya ambil dua kasa steril yang bisa dibeli di apotik, gunakan satu kasa untuk memencet jerawat, sedang satunya untuk membersihkan kulit bekas jerawat.

Jangan gunakan obat jerawat yang non alami, cek di komposisinya, bila ada bahan kimianya lebih baik dihindari. Bahan kimia akan membuat kulit bekas jerawat semakin terbakar dan bisa menimbulkan scar lebih parah. Ada banyak obat jerawat dengan komposisi alami yang baik bagi kulit.

Mengkompres jerawat secara teratur

Bila jerawat berada di permukaan kulit, maka ada kesempatan bekas jerawat akan hilang sempurna tanpa merusak kulit muka. Namun biasanya proses hilangnya jerawat sangat lambat, bahkan bisa lebih dari dua hari. Namun berita bagusnya bila sembuh tidak akan meninggalkan scar atau bekas jerawat.

Hanya perlu dilakukan kompres pada jerawat secara teratur, bisa dengan kompres dingin untuk membuka pori-pori agar jerawat tidak menyebar. Bisa juga menggunakan kompres hangat untuk melancarkan sirkulasi di sekitar jerawat dan meredakan jerawat tersebut. namun ingat jangan menekan apalagi memencet jerawat yang ada di bawah kulit, karena akan sia-sia dan bisa menyebarkan jerawat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->