Mengatasi Jerawat Timbul lagi pada Bekas Jerawat

Memang terlihat jerawat bisa kambuh, padahal bisa juga tidak. Ini sering terjadi pada jerawat yang timbul lagi pada bekas jerawat. Ini bikin semakin senewen, dan tak sabar untuk memencetnya. Kebiasaan inilah yang membuat jerawat bisa timbul lagi, akibat rusaknya saluran maupun pori-pori pada kelenjar minyak.

Pada hakekatnya di lapisan permukaan kulit bila diperbesar akan ada saluran kelenjar minyak yang menjadi eksit bagi pembuangan sisa metabolisme melalui kulit. Biasanya ini akan berjalan normal dan tidak memberi jerawat selama saluran ini terjaga. Namun saat saluran ini terbuntu atau pekatnya hasil kelenjar minyak akan menimbulkan jerawat yang tanpa sebab. Apalagi bila muara saluran ini rusak akibat dipenjet atau ditekan.

Proses inilah yang sulit dimengerti kenapa sudah rajin membersihkan wajah, namun masih saja jerawat timbul di bagian bekas jerawat. Ada hal lain yang tidak dilakukan atau tetap melakukan hal yang keliru. Kedua faktor ini sering menjadi pemicu timbulnya jerawat lagi. Memang bila ingin bebas jerawat harus mengerti karakter kulit dan melakukan perawatan yang tepat pada kulit wajah.

Hindari memencet jerawat di bawah kulit

Bila suka memencet jerawat di bawah kulit akan merusak integritas saluran kelenjar minyak tadi. Ini sama juga dengan meledakan kran pipa sehingga tidak ada jalan bagi kelenjar minyak keluar. Maka wajarlah bila jerawat timbul kembali, apalagi konsistensi minyak yang keluar masih pekat. Kombinasi ini memang membuat jerawat bisa timbul lagi.

Jadi saat melihat tipe jerawat seperti di bawah kulit, hal yang dilakukan adalah melakukan kompres hangat untuk membebaskan sumbatan dan meredakan radang yang terjadi. Biasanya dengan perawatan rutin, sumbatan akan terbuka dan jerawat akan hilang dengan segera. Ini juga bisa dibantu dengan membersihkan wajah secara rutin dan menggunakan masker wajah yang akan menjaga integritas pori-pori di permukaan kulit.

Mengatur asupan makanan harian

Memang biasanya konsistensi kelenjar minyak yang pekat ada hubungannya dengan proses hormonal. Namun dalam banyak kasus juga asupan makanan yang kaya lemak dan bergula membuat hasil metabolisme menjadi pekat. Jadi saat melihat jerawat timbul lagi dengan hal yang sama, maka ada yang salah di asupan makanan.

Segera kurangi makanan berlemak, berminyak dan bergula, kemudian minumlah air putih yang banyak.Ini akan menetralkan dan mengencerkan sisa metabolisme tubuh, sehingga konsistensinya bisa lebih encer. Air putih memang dikenal bisa membuat produksi kelenjar minyak berkurang, meskipun harus tetap dibarengi dengan mengurangi asupan makanan yang berlemak.

Perawatan kulit wajah dengan masker alami

Memang permukaan kulit wajah sangat sensitif terhadap hal yang traumatis, seperti makeup non alami, panas, polusi udara, penumpukan minyak, adalah sekian hal yang bisa merusak kulit muka. Disini begitu penting melakukan perawatan kulit muka dengan menjaga integritas pori-pori di permukaan kulit.

Pemakaian masker wajah memang disarankan bagi yang mengalami jerawat dan merawat bekas jerawat. Masker wajah yang alami seperti dari buah-buahan sangat bagus dalam melembabkan kulit wajah dan menjaga pori-pori kulit wajah tetap utuh. Ini sangat diperlukan agar jerawat tidak timbul lagi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->