Cara Mengatasi Serbuan Jerawat

Kadangkala jerawat hanya muncul satu di pipi, namun lebih sering jerawat banyak bermunculan di kulit wajah. Serbuan jerawat ini bisa jadi karena faktor sistemik yang membuat kulit wajah mudah berjerawat. Bisa karena faktor hormonal yang sedang bergejolak, bisa karena klit wajah yang sensitif, dan ada kemungkinan karena terjadi infeksi di kulit wajah.

Memang jerawat di kulit wajah bisa disebabkan banyak hal, namun untuk kasus serbuan jerawat ini ada sesuatu yang spesial terjadi. Jadi perlu penanganan yang menyeluruh, pengalaman seseorang belum tentu sama dengan yang lain. Hal ini mengingat kulit wajah tiap orang bisa berbeda satu dengan yang lain.

Namun sebenarnya secara karakter serbuan jerawat memiliki kesamaan, paling sering terjadi pada kulit yang sensitif, berminyak. Juga pada remaja yang sedang bergejolak hormonnya. Memang harus secara detail menganalisa kondisi kulit wajah yang gampang terjadi jerawat, sehingga bisa diambil langkah tepat dalam menghentikan serbuan jerawat ini.

Lebih penting lagi untuk menjaga kebersihan kulit wajah, karena bagaimanapun kebersihan kulit wajah berperan penting dalam menghadang serbuan jerawat. Kulit wajah yang bersih, lembab akan terhindar dari serbuan jerawat, dan ini bisa pula mencegah jerawat timbul lagi. Kulit wajah yang tidak disukai jerawat hanya bisa dilakukan dengan perawatan diri yang rutin dan tepat.

Mengendalikan gejolak hormonal

Sering terjadi stress saat sedang memiliki masalah bisa membuat reaksi hormonal bergejolak. Akibatnya kulit wajah akan mudah dihinggapi gerombolan jerawat. Maka cara yang termudah dalam mengendalikan gejolak hormonal adalah mengatasi stress atau masalah yang terjadi. Berpikir positif adalah salah satu langkah yang mudah dalam mengatasi gejolak hormonal.

Gejolak hormonal ini memang memiliki reaksi langsung pada produksi kelenjar minyak, sehingga kulit wajah mudah berminyak. Ini adalah salah satu hal yang bikin jerawat mudah tumbuh secara massif. Mengendalikan gejolak hormonal akan bikin kulit wajah juga menjadi lebih bersih dan tidak berminyak.

Menghindari makanan berlemak dan berminyak

Makanan memang bisa bikin jerawat tumbuh dengan cepat dan dalam jumlah banyak. Ini terjadi bila mengkonsumsi makanan yang banyak lemaknya dan berminyak. Maka saat terjadi serbuan jerawat lebih baik hindari makanan berlemak dan berminyak, yang biasanya sangat enak dan nikmat dikonsumsi.

Ambil contoh makanan gorengan, makanan olahan, sudah harus dihindari saat terjadi serbuan jerawat. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang segar, bisa buah-buahan dan sayur-sayuran diperbanyak di konsumsi harian. Juga minum air putih yang banyak bisa bikin metabolisme di tubuh menjadi lebih sehat dan baik bagi kulit wajah.

Menjaga kebersihan kulit wajah

Apapun jenis kulit wajah, baik yang sensitif, berminyak akan lebih baik bila menjaga kebersihannya secara teratur. Selalu lihat kondisi kulit wajah, saat mulai berminyak segera cuci wajah dan bersihkan. Kulit wajah berminyak akan mudah dihinggapi kotoran dan sangat mudah timbul jerawat.

Memang tidak harus begitu kulit wajah berminyak lalu dibersihkan, namun setidaknya jangan berlama-lama membuat kulit wajah menjadi media yang subur bagi jerawat. Terutama bila saat mau tidur, jangan biarkan minyak dan kotoran bermalam di kulit wajah. Segera bersihkan wajah sebelum tidur, maka serbuan jerawat bisa berkurang dan bisa hilang dengan perawatan wajah yang rutin dan teratur.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->