Kebersihan Diri bisa Cegah Jerawat yang Meradang

Memang saat jerawat mulai timbul, tangan ini tidak henti-hentinya menyentuh jerawat tersebut. Maksudnya sih sekedar meraba, namun niatan ini bisa membuat jerawat menjadi meradang. Bisa jadi sentuhan tangan yang tidak bersih dan tidak steril ini membuat infeksi pada jerawat, meskipun bisa jadi ada faktor lainnya yang mendukung jerawat menjadi semakin meradang.

Namun dalam beberapa kasus kebersihan diri, dengan menghindarkan sentuhan yang tidak perlu pada kulit wajah bisa mencegah jerawat menjadi meradang. Hal ini memang cukup simple tapi sulit untuk dilakukan. Memang jerawat yang mulai timbul bikin risih, tidak pede, dan tidak nyaman, maka menyentuhnya adalah pelampiasan sesaat dan diulang-ulang.

Padahal tidak ada manfaat dengan menyentuh jerawat yang lagi timbul, selain malah bikin jerawat ini semakin liar. Memang harus dilakukan langkah yang tepat agar jerawat yang baru timbul tidak menjadi meradang. Langkah sederhana yang bisa dilakukan menghindari menyentuh jerawat secara langsung dengan tangan.

Ada banyak alat atau bahan steril yang bisa digunakan untuk menyentuh jerawat. Memang kadang jerawat yang baru timbul ini akan terasa agak gatal dan tangan ini akan semakin liar menyentuh maupun menggosoknya. Namun cara ini jelas bisa bikin jerawat semakin meradang.

Sebaiknya sih pakai kasa steril untuk menyentuh jerawat, kasa steril ini bisa dibeli di apotik terdekat, harganya cukup murah. Bila tidak sempat ke apotik bisa saja mengunakan saputangan yang bersih yang belum tesentuh bagian kulit yang lain. Namun alangkah lebih baik bila tidak menyentuh jerawat yang lagi tumbuh.

Justru akan lebih baik membesihkan kulit yang berjerawat secara rutin, air bersih sudah cukup untuk membersihkan kulit yang berjerawat. Biasanya kulit sering berminyak dan agak kotor bila berjerawat, maka harus secara cepat dibersihkan agar tidak meradang atau menyebar ke tempat lainnya. Memang kulit yang berminyak sering membuat jerawat semakin tumbuh subur dan bisa meradang dengan cepat.

Kebersihan kulit muka ini harus dilakukan secara rutin dibarengi dengan memberikan pasta atau kompres hangat untuk meredakan jerawat yang lagi timbul. Biasanya memang akan bergantung pada kondisi yang komplek, namun bila kebersihan diri dijaga resiko jerawat menjadi meradang bisa dicegah. Memang harus diambil langkah tepat saat jerawat mulai timbul, ini berarti kondisi kulit sedang tidak oke dan faktor di dalam diri atau hormonal sedang tidak oke pula.

Langkah yang harus dilakukan tetap menjaga kebersihan diri, dengan tidak menyentuh jerawat dengan tangan secara langsung. Kemudian bersihkan kulit wajah saat mulai berkeringat maupun berminyak. Gunakan air bersih, handuk yang bersih dan bisa saja menggunakan produk kosmetika untuk meredakan jerawat. Namun perhatikan sesuai dengan kondisi kulit wajah, sebaiknya yang bebas minyak pada komposisinya. Pada kulit yang sensitive juga harus hati-hati dalam menggunakan produk kosmetika.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->