Menghilangkan Jerawat yang Sudah Matang

Biasanya jerawat yang dibiarkan akan berubah matang, ini dikenal dengan jerawat bernanah. Namun sebenarnya jerawat yang matang ini lebih berada dekat dengan permukaan kulit, sehingga cukup mudah dihilangkan. Caranya bisa dengan memecahkan atau memencet jerawat yang sudah matang tersebut.

Namun cara menghilangkan jerawat yang sudah matang ini harus dilakukan secara steril. Bila tidak, ada kemungkinan terjadi infeksi pada jerawat dan jerawat bisa menyebar serta semakin sulit untuk disembuhkan. Biasanya bisa dilihat pada yang tidak pernah lepas dari jeratan jerawat, mereka kurang bisa merawat jerawat secara steril.

Padahal pada jerawat yang sudah matang, asalkan lokasinya berada di permukaan kulit, akan dengan mudah dihilangkan. Memang cara menghilangkan jerawat yang sudah matang ini bisa memiliki konsekwensi terjadinya scar atau bekas jerawat. Hal ini karena bekas letusan jerawat yang matang tadi terlalu lebar atau tidak menutup secara sempurna. Alhasil bisa meninggalkan scar yang akan sulit untuk dihilangkan dengan segera.

Memang agak sedikit dilemma, namun keuntungannya jerawat yang sudah matang ini bisa dengan cepat dihilangkan. Meskipun resikonya selalu ada, tapi bisa diminimalkan dengan melakukan perawatan pada bekas jerawat tadi secara tepat. Memang saat jerawat dipencet, lalu selesai perkara. Tentunya tidak, masih harus dirawat dengan baik dan dijaga dari terjadinya infeksi pada bekas jerawat.

Memastikan jerawat cukup matang dan terletak di permukaan kulit

Memang bila jerawat belum begitu matang, seperti masih kemerahan akan sulit untuk dihilangkan. Juga posisinya harus berada cukup dekat dengan permukaan kulit, biasanya akan ada lapisan tipis kulit ari yang menutupi jerawat tersebut. Jerawat yang dekat dengan permukaan kulit ini juga membentuk permukaan kulit menjadi tidak rata, ada semacam benjolan sehingga memudahkan untuk dipencet atau dipecahkan.

Namun pada jerawat yang meskipun sudah matang, tapi berada di bawah permukaan kulit, memang akan sulit untuk dipecahkan atau dihilangkan. Biasanya tidak membentuk benjolan di permukaan kulit. Posisinya datar-datar saja, sehingga tidak ada akses untuk mencapai permukaan kulit, dalam hal ini tidak memungkinkan untuk memencet atau memcahkannya.

Memecahkan jerawat yang matang secara steril

Cara ini sebenarnya mudah, namun sering diabaikan. Padahal kebiasaan meraba jerawat dengan tangan secara langsung bisa bikin jerawat infeksi. Apalagi dengan memencet secara sembarangan akan dengan mudah menyebabkan infeksi pada jerawat. Cara steril ini memang harus didukung dengan alat dan bahan steril, seperti kasa yag steril.

Memang saat memecahkan jerawat, hanya kasa steril yang boleh menyentuh jerawat. Itupun sekali pakai, dan ganti dengan kasa steril lainnya. Cara steril ini akan menghindarkan jerawat dari infeksi, sehingga bisa memutus terjadinya jerawat lagi. Memang memecahkan jerawat yang sudah matang harus dilakukan secara steril dan dilanjutkan dengan perawatan jerawat yang steril pula.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->