Mengatasi Jerawat Besar dan Bernanah

Seringkali jerawat yang timbul tidak hanya kecil, tapi bentuknya menjadi besar dan bernanah. Hal ini terjadi bisa karena produksi kelenjar keringat yang berlebihan dan didukung terjadinya infeksi di jerawat tersebut. Akibatnya bentuk jerawat menjadi besar dan bernanah.

Memang penyebab dari jerawat yang besar dan bernanah ini bisa komplek, namun kebersihan diri sering menjadi masalah utama. Meskipun kulit wajah cenderung berminyak, bila bisa menjaga kebersihan kulit wajah maka jerawat tidak akan hinggap, bahkan tidak akan membesar. Demikian pula bila bisa melakukan perawatan wajah yang steril, maka jerawat tidak akan menjadi infeksi.

Memang permukaan kulit wajah sangatlah “delicate” sehingga sangat sensitif. Kulit wajah sangat mudah mengalami infeksi oleh sentuhan jari-jari tangan yang tidak bersih. Seringkali bila jerawat kecil mulai  timbul, tangan ini sudah tak sabar meraba, menekan dan berupaya memencet jerawat. Bisa jadi jerawat akan meletus dan hilang, namun infeksi yang terjadi melahirkan jerawat yang lebih besar dan bernanah.

Sebenarnya bila jerawat sampai begitu besar dan bernanah berarti ada masalah serius di kebersihan kulit wajah dan pola kebersihan diri. Tidak harus dengan produk perawatan kulit wajah yang mahal, asalkan bisa menggunakannya sesuai karakter kulit, perawatan kulit wajah bisa mudah dilakukan. Memang kuncinya kebersihan diri untuk mencegah infeksi pada jerawat.

Membersihkan kulit wajah secara teratur

Saat jerawat mulai membesar dan bernanah, maka ada masalah di kulit wajah. Harus segera rajin membersihkan kulit wajah, apalagi bila produksi minyak sangat tinggi yang membuat kulit wajah menjadi berminyak. Biasanya keadaan ini sangat kondusif dengan tumbuhnya jerawat.

Sebaiknya jangan biarkan wajah berminyak menjadi media yang subur bagi tumbuhnya jerawat. Segera basuh dengan air bersih, dan kompres hangat bila jerawat masih meradang. Saat sudah mulai bernanah bisa dipencet secara steril, ini akan menghindari terjadinya infeksi lanjutan pada jerawat tersebut. Biasanya dengan kompres hangat akan mengurangi besarnya jerawat.

Menjaga kesterilan kulit wajah

Memang sebaiknya tidak menyentuh jerawat dengan tangan secara langsung, gunakan kasa steril untuk menyentuh dan membersihkan kulit jerawat tersebut. kasa steril bisa dengan mudah didapat di apotik dan harga kasa steril ini juga cukup murah. Namun kegunaannya sangat bagus dalam mencegah infeksi pada jerawat.

Bila infeksi bisa dicegah, jerawat tidak akan tumbuh terlalu besar dan bernanah. Paling-paling jenisnya hanya jerawat kecil kemerahan, ini adalah suatu hal yang normal pada remaja. Namun bila sudah tumbuh besar dan bernanah berarti kebersihan diri kurang dijaga. Memang kulit wajah yang peka atau sensitif akan mudah timbul jerawat, namun dengan perawatan kulit wajah yang tepat, jerawat tidak akan sampai besar dan bernanah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->