Mencegah Bekas Jerawat menjadi Benjolan di Wajah

Memang pada beberapa orang bekas jerawat yang tersisa berubah menjadi benjolan di wajah. Ini biasanya berhubungan dengan karakter kulit yang sensitif dan mudah menjadi scar pada kulit yang terkena trauma. Ini akan sering dialami bagi yang memiliki kulit yang peka atau sensitif.

Jadi bukan berita bagus bagi yang memiliki kulit sensitif, namun bisa dihindari benjolan pada bekas jerawat, bila tata laksana perawatan jerawatnya tepat. Namun lebih baik lagi sih bila bisa mencegah jerawat timbul, ini akan mencegah secara pasti akan timbulnya benjolan pada bekas jerawat. Meskipun tidak menutup kemungkinan mencegah benjolan terjadi dengan melakukan perawatan jerawat yang tepat.

Biasanya scar yang berubah menjadi benjolan di kulit wajah ini memang akan bersifat permanent. Sulit sekali dihilangkan, kadang juga diikuti pigmentasi di kulit wajah. Walhasil seperti tattoo pada wajah yang tidak di sengaja, ini jelas berita buruk bagi yang memiliki kulit sensitive.

Jadi apa yang harus dilakukan akan bergantung pada jenis jerawatnya. Pada jerawat yang tidak terlalu besar, biasanya akan mudah teratasi. Namun pada jerawat yang besar dan bergerombol, peluang terjadinya scar dan benjolan akan terbuka, bila jerawat tersebut dipencet secara sembarangan. Meskipun bisa saja kemungkinan tidak terjadi scar bila cara memencetnya tepat dan dilakukan secara steril.

Namun lebih baik lagi sih jangan dilakukan pemencetan sama sekali, biarkan jerawat terabsorsi dengan sempurna. Bisa juga biarkan pecah dengan sendirinya, ini akan meminimalkan terjadinya robekan di kulit wajah. Tentunya resiko terjadinya scar atau benjolan akan semakin berkurang.

Memang perawatan dan cara mengatasi jerawatnya harus bertahap, tidak asal pencet dalam meletuskan jerawat. Lakukan pengompresan terlebih dahulu pada jerawat, ini untuk meminimalkan bentuk jerawat, mengecilkan jerawat yang sedang tumbuh. Memang bukan cara cepat bila berhubungan dengan kulit yang sensitive.

Beberapa produk kosmetika yang korosif juga harus dihindari,lebih baik sih gunakan yang alami. Cek komposisi di produk perawatan wajah tersebut dipakai, gunakan yang komposisinya alami dan tanpa komponen minyak. Juga perhatikan dan pastikan bahwa komponennya tidak membuat kulit sensitive tersebut semakin meradang.

Memang ada proses yang bisa bikin jerawat lebih bisa terkontrol bila dilakukan perawatan yang tepat. Bukan asal coba dengan jenis obat jerawat yang jelas semakin bikin kulit wajah semakin trauma. Pada kulit sensitive memang trauma pada kulit wajah harus diminimalkan.

Penggunaan bahan alami justru lebih disarankan dalam perawatan jerawat dengan karakter kulit yang sensitive. Memang bukan hal yang mudah namun bila ini dilakukan akan mencegah benjolan terjadi pada bekas jerawat. Memang harus dipikirkan dan diperhatikan pada bekas jerawat, tidak hanya pada jerawatnya yang mungkin akan hilang dengan segera. Namun scar dan benjolan bekas akan bertahan lama sekali, bahkan bisa tidak hilang selamanya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->