Olahraga Bisa Cegah dari Jerawatan

Sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara jerawat dan olahraga. Jerawat bisa datang kapan saja, namun beberapa pakar kesehatan membenarkan bahwa olahraga bisa mencegah kulit wajah dari jerawatan. Memang kebugaran dari berolahraga bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh, dan meredakan produksi kelenjar sebaceous yang berlebihan.

Bila dilihat dari metabolisme tubuh dan hormonal, memang kelenjar minyak merupakan salah satu penyebab dari timbulnya jerawat. Bila produksinya bisa dicegah agar tidak berlebihan, maka akan menghindarkan kulit wajah berminyak. Tentunya dengan diikuti perawatan di kulit wajah yang benar.

Olahraga disini bukannya asal olahraga, melainkan harus sejenis olahraga yang bisa bikin tubuh fit dan bugar. Beberapa olahraga kebugaran bisa seperti gym, lari sehat, sepeda sehat, yang bisa memacu pergerakan seluruh anggota badan. Ini memang akan bereaksi secara positif bagi metabolisme tubuh.

Meskipun tidak musti dengan berolahraga akan bebas sama sekali dari jerawat, karena memang jerawat bisa disebabkan oleh banyak factor. Namun setidaknya jerawat akibat factor hormonal bisa dicegah dengan berolahraga. Memang olahraga juga mengendalikan tubuh menjadi lebih rileks, lebih siaga dalam menghadapi stress yang sering berpengaruh buruk bagi metabolisme tubuh.

Kegiatan berolahraga ini juga harus diikuti dengan mekanisme pola makan dan pola hidup sehat. Sehabis olehraga tubuh harus dinetralkan dengan minum air putih yang banyak. Kemudian juga menghindari makan-makanan yang berlemak yang juga bisa bikin kulit wajah menjadi berminyak.

Adalah hal yang wajar sehabis berolahraga, tubuh akan berkeringat dan kemungkinan kulit wajah berminyak juga bisa terjadi. Saat itu bisa digunakan untuk minum air putih yang banyak agar ekskresi tubuh lebih netral. Air putih bisa menetralkan kelenjar keringat menjadi lebih netral dan tidak terlalu berminyak maupun kental.

Perawatan kulit wajah sehabis olahraga

Hal yang tak kalah penting sehabis olahraga adalah melakukan perawatan kulit wajah yang tepat. Memang jangan biarkan keringat terlalu lama mongering di kulit wajah, segera basuh dengan air bersih secara menyeluruh. Ini akan menghindarkan mengeringnya kelenjar keringat di pori-pori yang bisa mengakibatkan jerawatan.

Biasanya ini terjadi bila keringat cukup kental dan berminyak terlalu lama mongering di kulit wajah. Namun dengan membasuh wajah dengan air bersih dan menyekanya dengan handuk bersih, resiko terjadinya jerawat bisa dicegah. Memang biasanya bila tak ada air mengalir, air minumpun bisa digunakan untuk membersihkan wajah.

Memang perlu alur yang tepat dalam melakukan olahraga sekaligus menjaga kulit wajah agar tetap bersih dan segar. Keringat sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan tidak terlalu menyebabkan jerawat. Hanya bila disertai minyak yang mengendap di kulit wajah, bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori wajah dan tak lama biasanya jerawat bisa timbul.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->