Kenapa Jerawat Timbul saat Datang Bulan?

Ini tentunya bagi remaja putri yang rutin mendapatkan datang bulan atau haid, sering mendapati juga timbulnya jerawat di kulit wajah. Padahal segala cara sudah dilakukan, misal dengan menjaga kebersihan wajah dan menggunakan beberapa obat-obatan anti jerawat. Namun jerawat tetap saja muncul, bahkan bila dibiarkan akan tambah banyak.

Kondisi jerawat yang timbul saat datang bulan, memang bisa dihubungkan dengan mekanime hormonal pada tubuh seseorang. Meskipun tidak semua orang akan mendapati jerawat saat datang bulan, namun prevalensinya cukup tinggi. Ini terutama pada masa remaja, dimana gejolak hormonal masih terjadi, lain pada fase dewasa muda yang sudah mulai stabil dan tertata.

Meskipun ini bisa jadi reaksi emosional semata, namun korelasi antara metabolisme hormonal dan kondisi emosional memang berhubungan erat. Ada tendensi kondisi diri menjadi begitu labil dan emosional saat datang bulan. Bila ini dihubungkan dengan jerawat, bisa diambil dari sisi perubahan sekresi di kelenjar minyak atau sebaceous gland, yang memang sering menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Namun besar kemungkinan juga adanya korelasi dengan kondisi kulit yang memang sensitive, soalnya ada juga yang gak jerawatan saat datang bulan. Memang jerawat dipengaruhi oleh banyak factor, kadang bisa disebabkan factor tunggal, namun lebih sering oleh multi factor yang sering bikin senewen, karena jerawat menjadi sulit diatasi. Dalam kondisi begini memang harusnya lebih dilakukan pengobatan jerawat yang komprehensif.

Dengan timbulnya jerawat sebagai akibat dari banyaknya factor resiko tersebut, sehingga tata cara pengobatannya dilakukan secara menyeluruh. Bila ini biasa timbul jerawat saat datang bulan, maka hal ini bisa dipersiapkan untuk menjaga kebersihan wajah secara rutin. Juga harus diikuti konsumsi makanan yang lebih sehat, rendah lemak dan rendah gula alias gak usah yang manis-manis camilannya.

Hal yang tak kalah penting menjaga emosi diri saat datang bulan, ini berperan besar dalam menata mekanisme hormonal dalam tubuh. Memang sih metabolisme hormonal dalam tubuh akan terjadi secara tidak sadar dan di luar kendali diri, namun bisa diredakan dengan menata diri lebih stabil dengan berpikiran positif. Hindari hal-hal galau atau persoalan yang menyempitkan pikiran, bahkan kalau bisa nikmati suasana dengan beragam kegiatan yang positif.

Pada saat datang bulan memang kondisi bisa labil dan gampang lelah, tapi yang namanya semangat bisa dipupuk dengan beragam kegiatan yang positif. Ambil contoh menyalurkan hobi yang disukai, bercanda dengan teman, menjauhi gosip yang sering bikin pikiran tidak tenang. Istilahnya bikin hidup selalu senang dan happy, bisa jadi ini adalah cara terbaik dalam meredakan jerawat yang timbul saat datang bulan. Jadi jerawat yang timbul jangan dipikirin, toh nanti hilang dengan sendirinya. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->