Penggunaan Make-up untuk Mencegah Jerawat

Sebenarnya make-up bisa berguna dalam menyembunyikan jerawat, namun bisa pula memperburuk terjadinya jerawat. Pemilihan make-up yang tepat, sesuai karakter kulit bisa mencegah terjadinya jerawat. Namun penggunaan yang keliru bisa membuat jerawat bisa tumbuh subur.

Ada berbagai macam jenis make-up, ada yang berdasar bahan baku oil, ada yang bebas minyak atau alami. Meskipun akan sulit mengetahuinya bila tidak melihat secara teliti pada komposisi dari produk make-up tersebut. Pada kebanyakan kasus orang cenderung percaya apa yang dikatakan teman, bahwa make-up ini baik bagi jerawat, tanpa pernah meneliti kondisi kulitnya.

Pemakaian make-up mungkin cocok bagi seseorang tapi tidak untuk orang lain. Penyebabnya bisa bahan apa yang digunakan dan bahan make-up ini cocok tidak dengan karakter kulit wajah. Meskipun kebanyakan bahan make-up yang berdasar minyak cenderung lebih bagus tampilannya, memang lebih sering disukai orang. Padahal bila kulit wajahnya cenderung berminyak, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berminyak.

Memang banyak yang bilang cocok-cocokan, tapi sebenarnya make-up yang harus disesuaikan dengan karakter kulit. Kulit muka memang lebih sensitif dari kulit bagian yang lain, asal coba dalam menggunakan make-up bukanlah hal yang bagus. Harus diteliti dulu karakter kulit yang dimiliki, baru menggunakan make-up dengan bahan yang sesuai dengan karakter kulit.

Menggunakan make-up bebas minyak untuk mencegah jerawat

Sebenarnya bila belum pernah memakai make-up, maka harus dicoba dulu dengan make-up yang bebas minyak atau free-oil. Itupun juga harus diperhatikan agar tidak meninggalkan make-up di wajah begitu saja saat mau tidur. Setidaknya make-up harus dibersihkan sebelum tidur, lebih baik lagi setelah memang acaranya selesai.

Make-up bebas minyak cenderung lebih aman pada kulit wajah yang cenderung berminyak. Itupun harus dicek reaksinya saat make-up tersebut dipakai untuk beberapa saat. Biasanya jerawat akan dengan cepat timbul saat kulit wajah sedikit sensitif dengan make-up yang sedang dipakai. Bila pertama kalinya memakai make-up, maka gunakan tipis-tipis saja, sehingga tidak terlalu menutupi pori-pori maupun kelenjar minyak.

Tidak membiarkan make-up terlalu lama di kulit wajah

Memang sebenarnya make-up free lebih bagus bagi kesehatan kulit wajah. Apapun yang menempel di kulit wajah cenderung memberikan reaksi, terutama pada kulit wajah yang sensitif. Jadi jangan biarkan make-up terlalu lama menempel di kulit wajah, sebisanya saat acara atau make-up tidak diperlukan segera dibersihkan dari kulit wajah. Meskipun sering tidak terhindarkan dan make-up dipakai terlalu lama, biasanya akan ada reaksi pada kulit wajah, baik itu sekedar kemerahan maupun bintik kecil jerawat.

Tidak jarang saking capeknya sepulang kerja langsung tidur, padahal make-up yang menempel semalam di wajah akan memberi jerawat keesokan harinya. Juga sangat disarankan selain membersihkan make-up sebelum tidur, untuk melakukan masker ke kulit wajah. Cara ini akan mengembalikan kesegaran kulit wajah, memulihkan reaksi negatif terhadap make-up yang dipakai sebelumnya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->