Memecahkan Jerawat secara Steril

Bila melihat ke jerawat yang sudah matang memang sudah waktunya untuk dipencet atau dipecahkan. Ini untuk mempercepat proses kesembuhan jerawat. Meskipun bila cara memecahkan jerawatnya tidak dilakukan secara steril, akan menyebabkan jerawat bisa timbul lagi atau menjadi lebih parah.

Memang memencet jerawat sama dengan membuka luka pada kulit menjadi lebih terbuka. Hal ini membuat kesempatan pada kuman atau bakteri untuk masuk ke dalam tubuh semakin besar. Akibatnya bila kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh akan menjadi infeksi, dan luka pada jerawat menjadi lebih serius.

Hal yang harus dilakukan adalah memecahkan jerawat secara steril, meskipun ini bisa sangat sulit, tapi akan berakibat baik bagi jerawat. Cara steril ini memang harus dilakukan, dengan tidak ada sentuhan tangan pada jerawat secara langsung. Jerawat hanya disentuh oleh kasa steril, artinya kasa yang tidak pernah disentuh bagiannya oleh tangan. Sedang bagian kasa yang tersentuh tangan menjadi tidak steril atau terkontaminasi.

Tangan ini meskipun sudah dibersihkan berapa kalipun tetap tidak steril, statusnya hanya bersih tapi tetap ada satu dua kuman atau bakteri yang menempel. Jadi cara steril untuk memecahkan jerawat adalah dengan meminimalkan kontak secara langsung pada jerawat. Ini hanya bagian steril yang akan menyentuh jerawat sehingga resiko infeksi pada jerawat menjadi minimal.

Menggunakan kasa steril untuk memecahkan jerawat

Kasa steril bisa dengan mudah didapatkan di apotik tanpa menggunakan resep. Biasanya akan tersedia dengan jumlah besar bila membelinya di apotik rumah sakit, karena memang bahan steril adalah bagian dari tindakan di rumah sakit. Namun untuk sekedar jerawat bisa dilakukan sendiri, tanpa mengesampingkan unsur bersih maupun steril.

Kasa steril inilah yang akan berhubungan langsung dengan jerawat. Kasa steril akan menyentuh bagian jerawat, menekan dan memecahkan jerawat. Meskipun bisa juga mengunakan sarung tangan steril, namun terasa lebih praktis bila menggunakan kasa steril. Selain harganya lebih murah juga mudah mendapatkannya, sehingga tidak kesulitan dalam menggunakannya.

Teknik memecahkan jerawat secara steril

Memang dibutuhkan beberapa kasa steril, kasa pertama digunakan untuk membersihkan lokasi jerawat dengan larutan pembersih. Kemudian dua kasa bisa digunakan pada sisi yang berlawanan untuk menekan dan memecahkan jerawat. Jerawat yang sudah pecah tadi dibersihkan dengan kasa steril yang lain. Jadi untuk satu jerawat bisa dibutuhkan empat kasa steril, meskipun bisa saja disederhanakan namun tetap harus melakukannya secara steril.

Hal yang harus diperhatikan adalah biarkan jerawat tersebut cukup matang untuk dipecahkan. Karena pada jerawat yang belum matang atau masih memerah, biasanya akan sulit dipecahkan. Apalagi pada jerawat di bawah kulit, biasanya akan susah untuk dipecahkan. Harus ditunggu dulu atau dikompres sampai jerawat menjadi matang sebelum dipecahkan secara steril. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->