Mengatasi Jerawat dengan Cepat

Memang begitu sulit untuk menghilangkan jerawat dengan segera, semakin diharapkan semakin sulit mengatasi jerawat ini. Tak jarang jerawat bertambah banyak dan tambah sulit dikendalikan. Semua yang dilakukan semakin serba salah, akhirnya menyerah pada jerawat dan dibiarkan bertengger seenaknya dalam waktu yang tak terhitung.

Ada hal yang prinsipal yang sering dilupakan terutama saat remaja, kebersihan diri, pola makan dan perawatan kulit wajah yang keliru. Meskipun sebenarnya jerawat mudah diatasi dengan cepat, namun menjadi berlarut-larut karena metode perawatan jerawat yang kurang tepat. Juga perlu diketahui jerawat memiliki karakter pada tiap jenis jerawat, masing-masing perlu pendekatan yang berbeda.

Bila jerawat nasi akibat keseimbangan nutrisi yang tidak tepat, jerawat batu bisa beda lagi sebabnya. Hal ini membuat tidak semua jenis pengobatan jerawat akan selalu tepat. Lihat kondisi jerawat dulu, jenisnya, penyebabnya, baru atasi dengan langkah menyeluruh. Sebagian sering hanya mengambil pengobatan secara separuh sehingga sering membuat jerawat kembali berulang. Bila penyebabnya tidak juga diatasi maka akan sulit menghindari jerawat untuk selamanya.

Namun secara garis besar ada kaedah kesehatan yang tidak dilakukan dengan sempurna. Mulai pola makan, gaya hidup, kebersihan diri, yang masing masing memang harus diperbaiki secara keseluruhan. Tidak jarang bila kunci dari segala penyebab ini diperbaiki jerawat tidak akan hinggap untuk selamanya.

Membersihkan kulit muka secara teratur

Memang yang namanya kulit muka tidak boleh dibiarkan kotor. Bila berminyak sedikit saja, akan segera ditempeli oleh kotoran, akibatnya akan tumbuh jerawat dengan segera. Juga bila sehabis keluar rumah, polusi di jalan, debu, asap, akan dengan mudahnya menempel di kulit muka dan menimbulkan jerawat. Jadi harus segera dibersihkan bila terasa ada yang tak nyaman di kulit wajah.

Biasanya memang sangat afdol membersihkan kulit wajah sebelum dan sehabis tidur. Alasannya kotoran yang bertahan selama tidur akan bisa membuat jerawat timbul. Demikian pula sehabis tidur, kulit muka akan terlihat berkilau karena produksi minyak di kulit wajah. Sebaiknya memang harus segera dibersihkan saat bangun tidur, meskipun bagi sebagian air kamar mandi terlalu dingin di pagi hari sehingga menghalangi untuk cuci muka.

Perawatan ekstra pada kulit yang berjerawat

Bila di kulit muka ada satu atau dua jerawat maka perlu perawatan ekstra agar jerawat tidak menyebar. Ini juga tergantung jenis jerawatnya, bersihkan terlebih dahulu kulit muka sebelum memberikan pelembab pada kulit berjerawat. Disarankan pelembab yang mudah larut dan non oil sehingga akan bisa membuka pori-pori dengan segera. Jangan biarkan kulit muka sampai kering maupun berminyak.

Penggunaan sabun sulfur bisa diberikan pada bagian yang terkena jerawat. Usap secara perlahan, jangan terlalu keras. Larutan sulfur akan dengan mudahnya membersihkan kulit mati dan membuka pori-pori dengan cepat. Biasanya jerawat akan dengan cepat menghilang keesokan harinya. Berikan pelembab sehabis membersihkan wajah, bila menyukai madu, bisa juga diberikan sesudahnya.

Hindari makanan berlemak dan bergula

Ini adalah sumber dari segala penyakit, khususnya jerawat di kulit muka. Apa yang kita makan bisa menyebabkan jerawat tak kunjung hilang, bahkan menetap sangaaaaat lama. Tidak hanya itu bila tidak bisa merubah kebiasaan makan, tidak hanya jerawat yang akan timbul, bisa juga penyakit lainnya. Perhatikan setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Pilih makanan yang tidak berlemak dan bergula tinggi, meskipun makanan saat ini memang terdiri dari lemak dan gula. Namum semua harus dikurangi bila memang sulit untuk menghindarinya. Perbanyak sayuran dan buah-buahan, ini sumber dari vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan kulit wajah. Bila ingin jerawat cepat hilang, maka lakukan langkah ini secara menyeluruh dan jangan tanggung-tanggung.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->