Makanan yang Perlu Dihindari saat Jerawatan

Memang tidak harus berhenti makan saat jerawat timbul, namun dengan menyeleksi beberapa makanan, penyebaran jerawat bisa ditekan. Beberapa makanan memang sangat bersahabat dengan timbulnya jerawat. Begitu jerawat timbul, konsumsi makanan jenis ini akan meningkatkan jumlah jerawat di kulit wajah.

Bila melihat satu jerawat di kulit wajah ini mungkin wajar saja, namun saat jerawat mulai bertumbuhan bisa jadi ada faktor pendorongnya. Jerawat menjadi tumbuh secara massif, memang bisa disebabkan banyak faktor, namun biasanya faktor makanan sangat dominan. Makanan bisa membuat jerawat menjadi subur, bila efek makanan ini memberi media yang positif bagi jerawat.

Sudah banyak diketahui bahwa kulit wajah yang berminyak adalah media yang subur bagi jerawat. Hal ini karena kulit wajah berminyak sangat mudah tertempel kotoran, debu maupun polutan di kulit wajah. Walhasil kulit wajah yang kotor akan menjadi media yang baik bagi berkembangnya jerawat. 

Makanan yang bisa merangsang produksi minyak di kulit wajah sangat banyak jumlahnya. Bila disebut nama, hampir semua makanan modern menyebabkan kulit wajah berminyak. Ini karena memang komposisi makanan modern saat ini banyak mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Jelas sangat tidak baik bagi metabolisme di dalam tubuh, maka berbagai jenis makanan ini harus dihindari saat jerawat mulai timbul.

Makanan dengan kandungan lemak jenuh

Ada banyak jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh, makanan jenis ini begitu mudah ditemui di makanan cepat saji. Biasanya memang terbentuk dari bahan makanan yang sudah berlemak tinggi, kemudian diproses dengan cara digoreng dengan minyak goreng yang dipanaskan secara cepat. Komponen dintaranya memang membentuk lemak jenuh, lemak yang sangat berbahaya bagi metabolisme tubuh.

Makanan jenis ini membuat mekanisme metabolisme dalam tubuh menjadi lebih pekat. Eksesnya juga memenuhi pori-pori, menghasilkan juga kelenjar minyak yang berlebihan. Biasanya jenis makanan ini sudah bisa ditebak setelah mengkonsumsinya, tidak beberapa lama akan memberi produksi minyak di kulit wajah yang berlebihan. Jadi hindari makanan jenis ini saat jerawat sedang timbul, bila tidak dihindari, jerawat akan semakin subur dan banyak timbulnya.

Makanan olahan instan

Ada banyak pula makanan olahan, bisa sejenis jajanan yang bisa menjadi berbahaya saat berjerawat. Makanan jenis ini memang diolah secara cepat, biasanya dengan digoreng secara cepat dengan suhu tinggi. Bahan makanan jenis ini sebenarnya sehat, hanya prosesnya yang dilakukan tidak sehat. Makanan atau jajanan jenis ini sangat cepat dalam merangsang kelenjar minyak berproduksi.

Makanan jenis ini memang nikmat untuk dikonsumsi, apalagi sedang sedih saat jerawatnya lagi tumbuh, namun efeknya akan semakin menyuburkan jerawat. Jelas makanan jenis ini harus dihindari, memang pilihan jajanan akan semakin terbatas, karena memang hampir semua makanan modern diolah dengan teknik yang demikian. Namun bila ingin bebas jerawat, makanan olahan instan ini harus dihindari.

Jajanan dengan kadar gula tinggi

Memang coklat bisa menghibur diri saat jerawat lagi timbul, namun coklat yang kandungan gulanya tinggi bisa menambah kesuburan pada jerawat. Sebenarnya sangat mudah membedakan antara coklat yang bergula dan yang alami. Mulai dari rasa sudah terlihat mencekik nikmatnya, ini sudah bisa ditebak adalah coklat yang harus dihindari untuk sementara. Kalau bisa pilih coklat dengan kandungan alami, yang kandungan gulanya bisa minimal.

Namun bila ingin aman sebaiknya hindari dulu jajanan yang bergula tinggi ini. Mulai dari kue manis, permen, kismis, keju, kue kering, yang rasanya sangat manis bisa dihindari untuk sementara. Saat ada perubahan mendasar pada berbagai makanan jenis ini, tubuh akan otomatis kembali metabolismenya menjadi sehat. Untuk selanjutnya bila jerawat sudah hilang bisa dikonsumsi, namun dengan kadar yang terbatas.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->