Bisakah Jerawat diatasi dalam Semalam?

Mungkin tanpa disadari pulang sekolah sudah ada jerawat nangkring di wajah. Nah hal ini bisa bikin kalang kabut, lalu bisakah jerawat ini dihilangkan dalam semalam. Ini tentunya tergantung jenis jerawatnya, pada jerawat nasi bisa dipencet akan keluar jerawatnya dan bisa sembuh keesokan harinya.

Namun pada jerawat batu atau yang terinfeksi sehingga timbul kemerahan, tidak akan memungkinkan untuk sembuh dalam semalam. Ini biasanya butuh waktu untuk meredakan infeksi dan mengembalikan fungsi kelenjar minyak atau sebaceous kembali normal. Pada jerawat batu memang terjadi peradangan yang berlebihan, biasanya bisa timbul dalam sehari dan meradang kemerahan. Ini tidak memungkinkan untuk dipencet, justru akan membuat peradangan atau infeksinya menjadi lebih parah.

Namun jangan kuatir, beberapa aplikasi pendingin akan meredakan jerawat yang kelas berat ini lebih terkontrol. Memang mekanismenya adalah melakukan perawatan mengatasi proses peradangan yang terjadi. Radang akan sedikit mereda dengan proses pendinginan, dan ini banyak ragamnya. Bisa dengan es batu, odol, masker buah, yang memiliki efek pendingin di kulit wajah sehingga peradangan mereda.

Selanjutnya tentunya perawatan rutin, menjaga kebersihan wajah, dan mencari akar dari penyebab timbulnya jerawat adalah hal penting. Hal yang sering dilewatkan adalah jangan panik atau stress. Biasanya saat jerawat timbul, mulai kepikiran sehingga terjadi stress yang akibatnya bisa memperparah jerawat, karena bagaimanapun stress membuat produksi hormonal maupun kelenjar minyak tidak terkontrol alias berlebihan. Hal inilah yang harus diatasi bila ingin jerawat hilang secepatnya.

Menjaga kebersihan kulit wajah

Hal prinsipal terjadinya jerawat adalah kebersihan diri yang kurang pada kulit wajah. Biasanya saat pulang sekolah atau kerja, debu dan polusi bisa menempel pada permukaan kulit wajah, sering kesibukan membuat lupa membersihkan dengan segera kotoran yang menempel di kulit wajah. Akibatnya akan timbul jerawat seketika, hal ini lumrah pada remaja dan dewasa muda saat mekanisme hormon yang masih bergejolak, akan memicu reaksi berantai di kelenjar minyak dan pori-pori di kulit wajah.

Jadi reaksi inilah yang memicu jerawat, hanya dengan menjaga kebersihan kulit wajah bisa menurunkan angka timbulnya jerawat. Meskipun akan sulit sekali, selama beberapa faktor lainnya tidak dijaga. Seperti stress, pola makan, yang juga memberi kontribusi terjadinya jerawat. Jadi bila ingin bebeas jerawat, ya harus melakukan perawatan dan kebersihan wajah secara menyeluruh.

Melakukan perawatan kulit wajah sebelum tidur

Hal penting saat sebelum tidur adalah menjaga pori-pori di kulit wajah tetap terbuka, dan ini bisa dilakukan dengan melakukan perawatan kulit wajah. Biasanya kotoran yang dibiarkan menutup pori-pori akan menimbulkan jerawat keesokan harinya. Perawatan ini bisa dalam bentuk menggunakan masker buah atau sejenis pendingin di kulit wajah.

Ini harus dilakukan secara rutin dan teratur, tentunya bila kulit wajah memiliki tendensi yang besar terkena jerawat. Jadi lebih baik mencegah timbulnya jerawat daripada mengobati jerawat. Situasinya akan lain dan lebih mudah bila hal mendasar seperti kebersihan kulit wajah dilakukan secara rutin.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->