Makanan Penyebab Jerawat

Mungkin ada yang pernah bilang, jangan makan kacang agar tidak jerawatan. Bisa saja ini ada benarnya, karena memang ada beberapa makanan bisa menyebabkan jerawat. Meskipun jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal, namun makanan banyak yang menyebabkan jerawat. Apabila makanan jenis ini tidak dikontrol bisa jadi bisa membuat jerawat menjadi semakin menjadi-jadi.

Memang kuncinya tidak hanya memperhatikan asupan makanan yang masuk, tapi juga banyak faktor lain yang menyebabkan jerawat. Perlu langkah konprehensif dalam mengatasi jerawat, banyak faktor pemicu jerawat di luar makanan yang harus diwaspadai. Namun pengelolaan pola makan yang tepat juga bisa menekan serbuan jerawat ini.

Beberapa makanan yang harus diwaspadai penyebab jerawat memang berhubungan dengan lemak. Makanan jenis ini memang berkontribusi besar pada metabolisme dan produksi minyak di kelenjar kulit. Bila kulit wajah nampak selalu berminyak dan jerawatan, maka perlu pengaturan pola makan secara menyeluruh.

Produk susu dan turunannya bisa menyebabkan jerawat

Menurut beberapa ahli, dermatologists atau ahli penyakit kulit telah mengkonfirmasi bahwa sesuatu di produk susu dan turunannya mungkin terkait dengan pembentukan jerawat pada remaja. Namun, penentuan penyebab pasti dari zat dalam susu penyebab jerawat sulit untuk didefinisikan. Sebuah studi yang dilakukan oleh "Journal of American Academy of Dermatology" menemukan bahwa hormon atau molekul bioaktif dalam susu berkaitan dengan jerawat pada remaja. 

Susu dan produk turunannya sebenarnya diperlukan remaja untuk pertumbuhan, mereka tidak harus menghilangkan susu dalam menu sehari-harinya, tapi dengan mengontrol jumlahnya bisa mengurangi terjadinya jerawat. Konsumsinya juga harus dikelola agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Asalkan tidak berlebihan dan bisa mengurangi serbuan jerawat di kulit wajah.

Makanan olahan pemicu jerawat

Menurut beberapa penelitian, makanan olahan memberikan kontribusi bagi pembentukan jerawat. Makanan ini mengandung warna sintetis dan bahan pengawet, dan konsumsi yang terlalu banyak bahan-bahan ini akan mempengaruhi organ hati, yang menyebabkan kelebihan racun dan sebagai hasilnya timbul jerawat. Cara terbaik untuk menghindari makanan olahan adalah untuk memantau asupan produk dari restoran cepat saji dan produk makanan ringan.

Beberapa makanan olahan memang sangat nkmat dan menjadi konsumsi sehari-hari. Kondisi ini memang sangat runyam, karena sulit dihindari sudah mendarah daging. Namun pembatasan dari makanan olahan ini harus segera dilakukan agar terhindar dari jerawat yang membandel ini.

Omega-6 asam lemak juga bisa memicu jerawat

Kelebihan pada konsumsi omega-6 asam lemak dapat menyebabkan peningkatan kemerahan dan peradangan. Hormon Pro-inflamasi  ini bermanfaat bagi Anda, karena mereka membantu untuk melindungi tubuh anda dari bakteri dan virus, namun terlalu banyak hormon ini bisa mengiritasi jerawat, membuatnya menjadi lebih buruk. Omega-6 asam lemak terdapat pada ham, cheeseburger, daging babi dan bacon.

Beberapa makanan ini memang harus dihindari saat jerawat sedang dalam masa suburnya. Bahkan kondisi ini bisa dilihat saat jerawat sedang puncak-puncaknya, biasanya akan menyebar dengan cepat bila makanan ini tidak dikontrol dengan baik. Tidak ada jalan lain selain menghidari makanan jenis ini saat jerawat sudah tidak terkontrol lagi pertumbuhannya.

Caffein Bisa menyebabkan jerawat

Jika anda pengemar kopi, maka anda harus mulai mengontrol kegemaran "ngopi" anda. Selain itu caffein juga terdapat pada coklat, teh(hitam dan hijau), soda, minuman berenergi dan obat-obatan penghilang rasa nyeri. Caffein memicu kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang berkontribusi pada stress, padahal stress adalah faktor pemicu terjadinya jerawat. Selain itu caffein menganggu pola tidur anda, sehingga memperburuk jerawat anda.

Yang terbaik adalah hindari faktor pencetus terjadinya jerawat, olahraga teratur, hindari stress, jaga kebersihan dan hindari makanan penyebab terjadinya jerawat. Perlu langkah konprehensif dan menyeluruh dalam mengatasi jerawat. Beberapa jerawat memang begitu membandel, namun dengan pengaturan pola makan yang tepat bisa menghindari jerawat, bahkan bisa mengatasinya dengan cepat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->