Rahasia Kulit Wajah Bebas Jerawat

Mungkin tidak mudah membuat kulit wajah bebas jerawat, mengingat kulit wajah sangat sensitif terhadap kondisi apapun. Kulit wajah sering tidak ramah terhadap kondisi berdebu, sehingga timbul jerawat bila kulit wajah dibiarkan kotor. Demikian pula bila kulit wajah berminyak, maka akan ada kecenderungan muncul benjolan jerawat lebih banyak.

Kulit wajah juga media yang subur bagi berbagai kuman untuk tumbuh. Sentuhan pada kulit wajah yang terlalu sering juga bisa membuat kulit wajah rawan terkena jerawat. Apalagi bagi yang kecenderungan terkena jerawat, maka tangan ini bisa ribuan kali mengelus bagian yang berjerawat. Masalah ini sering di luar kesadaran dan membuat jerawat semakin kerasan di kulit wajah.

Ada banyak faktor yang membuat jerawat sulit hilang dari kulit wajah, apalagi harus bebas sama sekali dari jerawat. Sesuatu yang sulit bila tidak mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya jerawat. Meskipun secara garis besar sering dihubungkan dengan faktor hormonal pada usia remaja, namun tidak menampik kemungkinan seperti faktor kebersihan diri berpengaruh pada timbulnya jerwat.

Beberapa para ahli kesehatan juga menambahkan seperti unsur makanan bisa mempengaruhi timbulnya jerawat. Walhasil bila ingin bebas dari jerawat harus melakukan langkah yang komprehensif, suatu langkah yang menyeluruh mengatasi faktor-faktor yang menjadi sebab timbulnya jerawat. Faktor ini bisa dari dalam diri maupun faktor eksternal yang berperan pada terjadinya jerawat.   

Menjaga kebersihan kulit wajah

Memang saat kulit wajah mulai terasa tebal atau kotor akan cenderung timbul jerawat. Biasanya karena paparan debu membuat pori-pori wajah mudah buntu dan memperbesar kemungkinan timbulnya jerawat. Maka kebersihan wajah harus selalu dijaga, bisa dengan mencuci muka secara teratur. Gunakan pembersih bebas minyak atau free-oil yang tertera di pembungkus pembersih tersebut. Lakukan dengan lembut dan jangan terlalu keras menggosoknya.

Air hangat juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit wajah. Ini bisa dilakukan bila anda tidak suka menggunakan produk pembersih wajah. Namun bisa juga menggunakan pelembab atau lotion yang tanpa minyak, ini untuk menjaga agar kulit tidak menjadi kering. Karena kulit yang kering cenderung kusam dan tidak menarik.

Menggunakan masker alami untuk perawatan kulit wajah

Masker dengan bahan alami bisa digunakan pada kulit wajah. Ini untuk membuat kulit agar tetap lembab, sehingga bisa mengurangi terjadinya jerawat. Masker dari bahan alami ini bisa diberikan pada malam sebelum tidur dan pagi sesudah bangun tidur.

Masker dari bahan alami ini bisa dibuat sendiri, seperti campuran dari jeruk nipis dan madu, atau dari buah bengkoang yang memiliki efek melembabkan kulit. Masker harus rutin dilakukan agar memberi efek yang maksimal. Biasanya jerawat akan hilang dengan sendirinya, bila dilakukan perawatan di kulit wajah secara rutin.

Mengatur pola makan agar bebas dari jerawat.

Beberapa makanan yang bergula dan berlemak memang memiliki kecenderungan membuat kulit wajah berjerawat. Konsumsi makanan jenis ini memang sangat disukai semua orang, sehingga harus dikurangi asupannya. Makanan yang berlemak dan bergula harus diganti dengan makanan segar, kaya akan air yang akan bisa membersihkan atau melarutkan produksi minyak yang berlebihan.

Pada beberapa kasus, mengkonsumsi air putih juga sangat baik bagi kesehatan. Air putih dikenal bisa menetralkan racun dalam tubuh, sehingga zat zat yang dibuangnya akan lebih aman. Minum air putih yang banyak agar tubuh juga menjadi lebih sehat.

Melakukan pola hidup sehat untuk mengurangi kulit wajah yang berjerawat.

Memang kebiasaan buruk, seperti merokok, begadang bisa membuat kulit wajah berjerawat. Hal ini bertambah buruk bila tubuh dalam posisi pasif dan jarang bergerak. Maka perlu perubahan gaya hidup untuk mengurangi jerawat di kulit wajah.

Salah satu yang terbaik adalah melakukan olah raga rutin. Olah raga mempercepat metabolisme tubuh, menetralkan racun dalam tubuh, dan membuang kotoran dalam tubuh dengan segera. Olah raga bisa mengurangi jerawat di kulit wajah, karena metabolisme yang sehat terjadi dalam tubuh.
Next
« Prev Post
Previous
This is the oldest page
logo
Copyright © 2013. Tips Bebas Jerawat - All Rights Reserved
-->